20170408

Pengenalan Algoritma dan Pemrograman

Kita Mulai dari dasar saja, yaitu apa itu Pemrograman?
Mengapa Pemrograman lebih dahulu? Bukan Algoritma?
Sabar sabar.....
Sebenarnya yang manapun duluan itu tidak maasalah, namun untuk saya pribadi, lebih mudah mengerti keduanya ketika di jelasakan Pemrograman dahulu baru Algoritma. So, mengapa kita harus mulai dari yang sulit di mengerti?

Ok kita lanjut,
Jadi apa itu pemrograman?
Kembali saya meminta anda untuk bersabar.
Pertama, saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada anda agar nantinya lebih mudah menerima apa yang saya tuliskan di bawahnya. Tidak masalah kita memakai jalan memutar, yang penting jalan tersebut landai dan indah dari pada jalan pintas yang menanjak dan menyeramkan, belum sampai di tujuan, sudah pingsan duluan nanti :D Hehehehhehe Bukankah begitu?

Ok, yang ingin saya tanyakan adalah, Tentunya Anda sudah mengenal apa itu program bukan? Program dalam hal ini tentu saja program komputer dan bukan program pemerintah atau sebuah organisasi :D
Jika sudah, silahkan langsung ke paragraf selanjutnya, jika belum, lanjutkan membaca paragraf ini.
Baik Program adalah sekumpulan instruksi yang "dimasukkan" ke dalam komputer anda yang anda gunakan untuk melaksanakan tugas tertentu, misalkan browser yang anda gunakan adalah sebuah program, yang dalam bahasa komputer lebih dikenal dengan aplikasi atau software.

Setelah tahu apa itu program atau aplikasi, kita siap untuk berkenalan dengan Pemrograman.
Pemrograman adalah kegiatan pembuatan instruksi atau program tersebut.
Lalu, bagaimana menyuruh komputer untuk melaksanakan sesuatu? Seperti memutar musik dengan aplikasi pemutar musik misalnya, apakah cukup dengan mengatakan "Hei komputer, putar musik ini"?. Jawabannya Ya dan Tidak. Kok? Sebenarnya memang kita tinggal mengatakan begitu kepada komputer, tetapi dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer, bukan  bahasa kita. Komputer hanya mengerti satu bahasa, yaitu bahasa 0 dan 1, atau bahasa biner.
Kita tidak mengerti bahasa 0 dan 1. Lalu bagaimana?
Disinilah Bahasa Pemrograman berperan. Bahasa Pemrograman adalah perantara bahasa kita dengan bahasa komputer. Untuk menyuruh komputer komputer menampilkan angka dari 1 sampai 10 misalnya, kita tidak perlu mengetahui kombinasi bahasa binernya, tapi cukup tahu bahasa yang lebih mirip bahasa manusia. Misalnya dalam bahasa Pascal, cukup buat perintah
         for i:=1 to 10 do
                 writeln(i);

Ada banyak bahasa pemrograman di dunia ini, salah satunya Pascal seperti yang di contohkan di atas. Lalu ada Bahasa Pemrograman C, C++, C#, Java, JavaScript, HTML, PHP, Perl, Python  dan masih banyak lagi Bahasa Pemrograman yang lain.
Setiap orang menyukai Bahasa Pemrograman yang berbeda-beda. Lalu bagaimana

No comments:

Post a Comment